Beriklan di Blog Ini? .
MURAH DAN MUDAH.
Info Lebih Lanjut [ KONTAK KAMI]

Contoh Soal Melukis Bayangan pada Cermin Datar yang Ada Matanya

Dari pertanyaan seorang anak SMP yang menghubungi saya melalui sebuah pesan singkat. Anak tersebut bertanya ' Bagaimana cara melukis atau menggambar bayangan pada cermin datar, tetapi ada posisi matanya kak?'

Sebenarnya, untuk melukis benda pada cermin datar tidak terlalu susah. Anda harus benar benar memahami prinsip hukum Snellius. Sudut pada sinar datang sama dengan sudut sinar pantul. Inilah yang diaplikasikan untuk melukis atau menggambar bayangan pada cermin datar. Baca dasar melukis bayangan pada Cermin datar: Langkah dan Cara Melukis Bayangan Benda (Titik) pada Cermin Datar.

Berikut kita contohkan, Akan dilukis bayangan lampu pada cermin yang dilihat oleh mata.
Di sini akan digunakan dua sinar datang yang melalui benda dan dipantulkan oleh mata. Syarat berikutnya, sinar tersebut harus melewati benda. Perhatikan lagi gambar di atas, saya akan buat 2 sinar yang melewati benda.

Perpanjang garis pantulan masing masing di belakang cermin hingga berpotongan pada suatu titik.
Kemudian buatlah dari perpotongan tersebut benda yang serupa dengan benda pertama. Itulah bayangan pada cermin datar tersebut.

Cukup mudah bukan. Silakan dipahami dan semoga anda bisa menggambar bayangan pada cermin datar kalau ada soal dengan posisi matanya tersebut.


Jadilah Komentator Pertama untuk "Contoh Soal Melukis Bayangan pada Cermin Datar yang Ada Matanya"

Post a Comment