Beriklan di Blog Ini? .
MURAH DAN MUDAH.
Info Lebih Lanjut [ KONTAK KAMI]

Latihan Soal PKn Kelas 9 Online

PKN Kelas 9
 
Name:     ID: 
 
Email: 

PKN Kelas 9

Multiple Choice
Identify the choice that best completes the statement or answers the question.
 

 1. 

      Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut !
(1)      Selalu semangat dalam berjuang
(2)      Mengutamakan semangat persatuan dan kesatuan
(3)      Mengorbankan segala jiwa raga untuk mencapai kemerdekaan
(4)      Mendukung secara aktif mencapai cita-cita bangsa
(5)      Pantang bekerjasama dengan negara yang pernah menjajah
Nilai-nilai semangat para perumus UUD NRI Tahun 1945 yang perlu kita teladani saat ini di tunjukkan dalam pernyataan-pernyataan nomor ....

a.
(1), (2), dan (3)
c.
(2), (3), dan (5)
b.
(1), (2), dan (4)
d.
(3), (4), dan (5)
 

 2. 


Janji Jepang untuk membentuk BPUPKI  (Dokuritsi Zyumbi Tyoosakai ) direalisasikan pada tanggal 1 Maret 1945. Selanjutnya dalam upaya mempersiapkan kemerdekaan Indonesia, BPUPKI mengadakan sidang resmi dua kali dan sidang tidak resmi sekali. Sidang resmi kedua BPUPKI, tanggal 10 – 16 Juli 1945 membahas tentang ….
a.
rancangan Undang-Undang Dasar
c.
semboyan Negara Indonesia
b.
sistem pemerintahan Indonesia
d.
dasar negara Indonesia
 

 3. 

      Perhatikan beberapa pernyataan berikut ! 
(1)      Mengutamakan semangat persatuan, kesatuan dan nasionalisme yang tinggi
(2)      Adanya keinginan menjadi pemimpin bangsa yang di hormati
(3)      Selalu bersemangat dalam memperjuangkan kepentingan kelompok
(4)      Berupaya mewujudkan cita-cita bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur
(5)      Melaksanakan tugas demi  negara tanpa mengesampingkan kepentingan pribadi
Komitmen yang dimiliki para tokoh dalam perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara, ditunjukkan oleh pernyataan-pernyataan nomor ....
a.
(1) dan (4)
c.
(3) dan (4)
b.
(2) dan (3)
d.
(4) dan (5)
 

 4. 

      Dalam perumusan dasar negara Indonesia, rumusan dasar negara Pancasila yang sempat menjadi perdebatan panjang dan sengit hingga akhir penetapan tanggal 18 Agustus 1945 adalah penetapan sila pertama yang berbunyi....

a.
Ketuhanan Yang Maha Esa dengan kewajiban menjalankan syariat Islam
b.
Ketuhanan dengan kewajiban pemeluk-pemeluknya menjalankan syariat Islam
c.
Ketuhanan Yang Maha Esa dengan menjalankan syariat Islam bagi pemeluknya
d.
Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya
 

 5. 

      Sikap-sikap yang termasuk mempertahankan NKRI
1)      Maju ke medan perang menggantikan tentara
2)      Menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar
3)      Bangga mengenakan baju batik khas Indonesia
4)      Membiasakan diri menggunakan produk-produk luar negeri
5)      Menyukai film Jepang dan korea sebagai landasan pergaulan
Sikap yang dapat diidentifikasikan sebagai generasi muda yang cinta NKRI adalah ....
a.
1 dan 2
c.
3 dan 4
b.
2 dan 3
d.
4 dan 5
 

 6. 

      Sikap yang harus ditampilkan oleh setiap warga negara dalam kehidupan sehari hari, yang  sesuai dengan sila-sila Pancasila, khususnya sila Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan / perwakilan adalah ….
a.
memajukan pergaulan demi persatuan / kesatuan bangsa yang ber-Bhinneka Tunggal Ika
c.
mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama
b.
menempatkan persatuan, kesatuan, dan  kepentingan bangsa diatas kepentingan pribadi
d.
bangga sebagai bagian dari bangsa Indonesia dan bangga bertanah air Indonesia
 

 7. 

      Semboyan Bhinneka Tunggal Ika terdapat pada lambang negara Republik Indonesia, yaitu Burung Garuda Pancasila. Di kaki Burung Garuda Pancasila mencengkram sebuah pita yang bertuliskan Bhinneka Tunggal Ika yang ber makna Berbeda-beda tetapi tetap satu, penerapan dalam kegiatan di Sekolah yang beragam Agama adalah ....
a.
mengutamakan pemeluk agama yang terbanyak
c.
memprioritaskan masing-masing agama sesuai hari besar agamanya     
b.
mendahulukan pemeluk agama yang paling sedikit
d.
mendahulukan pemeluk agama menengah
 

 8. 

      Berikut sikap yang harus ditampilkan oleh setiap warga negara dalam kehidupan sehari hari yang sesuai dengan nilai-nilai  Pancasila, khususnya sila Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia adalah ….
a.
senantiasa mengutamakan musyawarah dalam pengambilan keputusan
c.
senantiasa menjaga keseimbangan antara pelaksanaan hak dan kewajiban
b.
tidak memaksakan suatu agama dan kepercayaan kepada orang lain
d.
sanggup dan rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan Negara
 

 9. 

      Pancasila yang terdapat dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 digunakan sebagai pedoman dalam penyelenggaraan pemerintahan.
Penerapan Pancasila terkait dengan hal tersebut berfungsi sebagai ....
a.
dasar negara
c.
kepribadian bangsa
b.
ideologi terbuka
d.
pandangan hidup bangsa
 

 10. 

      Dengan adanya musibah gempa di sejumlah daerah di tanah air, Andika sebagai ketua OSIS SMP “Kusumo“ mengumpulkan dana, pakaian layak pakai, dan makanan kering yang akan disumbangkan kepada masyarakat yang mengalami musibah.
Kegiatan Andika tersebut merupakan perilaku yang sesuai dengan nilai Pancasila yaitu ....
a.
menghargai hak-hak orang lain
c.
mewujudkan keadilan masyarakat
b.
saling mencintai sesama manusia
d.
gemar melakukan kegiatan kemanusiaan
 

 11. 

      Setiap lima tahun sekali dilaksanakan pemilihan umum, baik untuk memilih Presiden/Wakil Presiden, DPR, DPD dan DPRD.
Partisipasi warga negara terhadap persitiwa tersebut yang mencerminkan komitmen terhadap keutuhan nasional dapat ditunjukkan dengan cara ....
a.
menjadi juru kampanye bagi salah satu pasangan calon
c.
mempercayakan pilihannya kepada wakil-wakil rakyat
b.
menghadiri setiap kegiatan kampanye salah satu calon
d.
menggunakan hak pilih dalam pemilu sesuai hati nurani
 

 12. 

      Lembaga negara yang kewenangannya adalah mengusulkan pengangkatan hakim agung, menjaga dan menegakkan kehormatan, keluhuran martabat, serta perilaku hakim, adalah....
a.
Mahkamah Agung
c.
Mahkamah Konstitusi
b.
Komisi Yudisial
d.
Mahkamah Militer
 

 13. 

      Perhatikan pernyataan berikut!
(1)      Memberikan pertimbangan kepada Presiden mengenai grasi dan rehabilitasi;
(2)      Menguji undang-undang terhadap UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945;
(3)      Memutus sengketa kewenangan lembaga negara yang kewenangannya diberikan oleh UUD;
(4)      Memutus pembubaran partai politik;
(5)      Memutus perselisihan hasil pemilihan umum.
Yang termasuk tugas dan wewenang Mahkamah Konstitusi (MK) sesuai (Pasal 24C ayat 1) UUD  Negara Republik Indonesia Tahun 1945, ditunjukkan pada nomor ....
a.
(1), (2), (3) dan (4)
c.
(1), (3), (4) dan (5)
b.
(1), (2), (4) dan (5)
d.
(2), (3), (4) dan (5)
 

 14. 

      “Bahwa sesunggungnya kemerdekaan ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan”.
Salah satu alinea dalam kalimat pembukaan UUD NRI Tahun 1945 tersebut mengandung makna bahwa…
a.
segala bentuk penindasan terhadap manusia tidak dibenarkan
b.
bangsa Indonesia membenci belanda dan jepang yang telah menjajah
c.
kemerdekaan merupakan cikal bakal untuk menjadi negara yang sejahtera
d.
semua bangsa mengedepankan perdamaian dalam hubungan internasional
 

 15. 

      Perhatikan beberapa pernyataan berikut!
(1)      Pendidikan Kewarganegaraan
(2)      Pelatihan Dasar Kemiliteran
(3)      Pengabdian sebagai Prajurit TNI
(4)      Pengabdian sesuai dengan Profesi
(5)      Ikut memelihara perdamaian dunia
Bentuk-bentuk bela negara menurut  UU Nomor 3 Tahun 2002 Pasal 9 ayat (2) seperti  ditunjukkan pada nomor ....
a.
(1), (2), (3), dan (4)
c.
(1), (3), (4), dan (5)
b.
(1), (2), (3), dan (5)
d.
(2), (3), (4), dan (5)
 

 16. 

      Pada tanggal 28 Oktober 1928, peserta Kongres Pemuda mengucapkan ikrar yang dikenal sebagai “Sumpah Pemuda”. Isi teks Sumpah Pemuda menyimpulkan bahwa ....
a.
peserta kongres pemuda memiliki tekad yang kuat untuk mengusir penjajah
c.
golongan muda memiliki niat lebih kuat untuk memerdekakan Indonesia
b.
putra dan putri Indonesia memiliki keberanian  dalam melawan penjajah
d.
para pemuda Indonesia mengakui sebagai bagian dari bangsa Indonesia
 

 17. 

      Salah seorang dokter lulusan STOVIA (Sekolah Kedokteran Jawa), yaitu dokter Wahidin Sudirohusodo yang menyadari betapa terbelakang dan tertindasnya  rakyat akibat penjajahan. Dokter Wahidin Sudirohusodo menggagas tentang pentingnya mendirikan organisasi yang bertujuan memajukan Pendidikan dan meninggikan martabat bangsa. Gagasan ini disambut baik oleh para pelajar STOVIA, dan pada tanggal 20 Mei 1908 lahirlah Budi Utomo.
Keadaan ini perlu diterapkan kembali untuk membangun motivasi dan karakter harapan bangsa saat ini melalui kegiatan.…
a.
melaksanakan kegiatan dan lomba yang melibatkan pemuda di seluruh wilayah RI secara rutin
c.
bergaul dengan siapapun dan berusaha menghilangkan perbedaan dan karkteristik kedaerahan
b.
mengingatkan lagi kepada generasi muda bahwa mereka adalah tunas dan harapan bangsa
d.
menjaga sikap persatuan dengan meningkatkan nilai kejujuran, loyalitas dan tanggung jawab
 

 18. 

      Perjuangan untuk mewujudkan kemerdekaan telah dilakukan oleh para Pemuda Angkatan Tahun 1928 dengan terwujudnya ikrar ....
a.
Proklamasi Kemerdekaan
c.
Sumpah Pemuda
b.
Kongres Pemuda I
d.
Budi Utomo
 

 19. 

      Kebhinnekaan yang ada pada bangsa Indonesia, disatu sisi adalah sebuah potensi dan modal dasar bagi pembangunan, namun disi lain juga dapat menjadi ancaman bagi keutuhan bangsa Indonesia.
Keragaman pada bangsa ini, seperti keragaman suku, tradisi, seni, alat musik, tarian, makanan, agama dan lagu daerah membawa dampak positif bagi bangsa Indonesia, yaitu….
a.
memperlihatkan kepada dunia luar bahwa Indonesia memiliki kekayaan budaya
c.
keragaman ini merupakan unsur yang dapat membangun rasa nasionalisme dan patriotism
b.
masyarakat Indonesia lebih mudah mewujudkan tujuan nasionalnya
d.
Indonesia menjadi bangsa yang disegani dan dihargai karena keragaman dan kebhinnekaannya
 

 20. 

      Dr. Wahidin Soedirohusodo menggagas organisasi yang bertujuan memajukan pendidikan dan meninggikan martabat bangsa. Gagasan tersebut melahirkan organisasi ”Budi Utomo”. Organisasi pertama pada zaman pergerakan nasional.
Kegiatan yang perlu diteladani dari peristiwa tersebut dan dapat diterapkan untuk membangkitkan semangat generasi muda saat ini adalah ....
a.
meyakinkan kepada generasi muda bahwa mereka adalah penerus dan pejuang bangsa
c.
berinterkasi dengan siapapun dengan menghilangkan perbedaan dan karkteristik kedaerahan
b.
menjaga sikap persatuan dengan meningkatkan nilai-nilai kejujuran, loyalitas dan tanggung jawab
d.
menyelenggarakan kegiatan terkait dengan kepemudaan di seluruh wilayah Indonesia secara rutin
 



 
         Start Over



Jadilah Komentator Pertama untuk "Latihan Soal PKn Kelas 9 Online"

Post a Comment