Multiple Choice Identify the
choice that best completes the statement or answers the question.
|
|
1.
|
Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut
!
(1) Selalu semangat dalam
berjuang (2) Mengutamakan semangat persatuan dan
kesatuan (3) Mengorbankan segala jiwa raga untuk mencapai
kemerdekaan (4) Mendukung secara aktif mencapai cita-cita
bangsa (5) Pantang bekerjasama dengan negara yang pernah
menjajah
Nilai-nilai semangat para perumus UUD NRI Tahun 1945 yang perlu kita teladani
saat ini di tunjukkan dalam pernyataan-pernyataan nomor ....
a. | (1), (2), dan (3) | c. | (2),
(3), dan (5) | b. | (1), (2), dan
(4) | d. | (3), (4), dan (5) |
|
|
2.
|
Janji Jepang
untuk membentuk BPUPKI (Dokuritsi Zyumbi Tyoosakai ) direalisasikan pada tanggal 1 Maret
1945. Selanjutnya dalam upaya mempersiapkan kemerdekaan Indonesia, BPUPKI mengadakan sidang resmi dua
kali dan sidang tidak resmi sekali. Sidang resmi kedua BPUPKI, tanggal 10 – 16 Juli 1945
membahas tentang ….
a. | rancangan Undang-Undang Dasar | c. | semboyan Negara Indonesia | b. | sistem pemerintahan Indonesia | d. | dasar negara
Indonesia |
|
|
3.
|
Perhatikan beberapa pernyataan berikut !
(1) Mengutamakan semangat persatuan, kesatuan dan
nasionalisme yang tinggi (2) Adanya
keinginan menjadi pemimpin bangsa yang di hormati (3) Selalu bersemangat dalam memperjuangkan
kepentingan kelompok (4) Berupaya
mewujudkan cita-cita bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur (5) Melaksanakan tugas demi negara tanpa
mengesampingkan kepentingan pribadi
Komitmen yang dimiliki para
tokoh dalam perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara, ditunjukkan oleh
pernyataan-pernyataan nomor ....
a. | (1) dan (4) | c. | (3)
dan (4) | b. | (2) dan (3) | d. | (4) dan
(5) |
|
|
4.
|
Dalam perumusan dasar negara Indonesia, rumusan
dasar negara Pancasila yang sempat menjadi perdebatan panjang dan sengit hingga akhir penetapan
tanggal 18 Agustus 1945 adalah penetapan sila pertama yang berbunyi....
a. | Ketuhanan Yang Maha Esa dengan kewajiban menjalankan
syariat Islam | b. | Ketuhanan dengan
kewajiban pemeluk-pemeluknya menjalankan syariat Islam | c. | Ketuhanan Yang Maha Esa dengan menjalankan syariat Islam bagi
pemeluknya | d. | Ketuhanan dengan
kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya |
|
|
5.
|
Sikap-sikap yang
termasuk mempertahankan NKRI
1) Maju ke medan perang menggantikan tentara
2) Menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan
benar 3) Bangga mengenakan baju batik khas
Indonesia 4) Membiasakan diri menggunakan produk-produk luar
negeri 5) Menyukai film Jepang dan korea sebagai landasan
pergaulan
Sikap yang dapat diidentifikasikan sebagai generasi muda yang cinta NKRI
adalah ....
a. | 1 dan 2 | c. | 3 dan
4 | b. | 2 dan 3 | d. | 4 dan
5 |
|
|
6.
|
Sikap yang harus ditampilkan oleh setiap warga
negara dalam kehidupan sehari hari, yang sesuai dengan sila-sila Pancasila, khususnya sila
Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan / perwakilan adalah
….
a. | memajukan pergaulan demi persatuan / kesatuan bangsa
yang ber-Bhinneka Tunggal Ika | c. | mengutamakan musyawarah dalam
mengambil keputusan untuk kepentingan bersama | b. | menempatkan
persatuan, kesatuan, dan kepentingan bangsa diatas kepentingan
pribadi | d. | bangga sebagai bagian dari bangsa Indonesia dan bangga bertanah air
Indonesia |
|
|
7.
|
Semboyan Bhinneka Tunggal Ika terdapat pada
lambang negara Republik Indonesia, yaitu Burung Garuda Pancasila. Di kaki Burung Garuda Pancasila
mencengkram sebuah pita yang bertuliskan Bhinneka Tunggal Ika yang ber makna Berbeda-beda tetapi
tetap satu, penerapan dalam kegiatan di Sekolah yang beragam Agama adalah ....
a. | mengutamakan pemeluk agama yang
terbanyak | c. | memprioritaskan masing-masing agama sesuai hari besar
agamanya | b. | mendahulukan
pemeluk agama yang paling sedikit | d. | mendahulukan pemeluk agama menengah
|
|
|
8.
|
Berikut sikap yang harus ditampilkan oleh
setiap warga negara dalam kehidupan sehari hari yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila,
khususnya sila Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia adalah ….
a. | senantiasa mengutamakan musyawarah dalam pengambilan
keputusan | c. | senantiasa menjaga keseimbangan antara pelaksanaan hak
dan kewajiban | b. | tidak memaksakan
suatu agama dan kepercayaan kepada orang lain | d. | sanggup dan rela
berkorban untuk kepentingan bangsa dan Negara |
|
|
9.
|
Pancasila yang terdapat dalam Pembukaan UUD NRI
Tahun 1945 digunakan sebagai pedoman dalam penyelenggaraan pemerintahan.
Penerapan Pancasila terkait
dengan hal tersebut berfungsi sebagai ....
a. | dasar negara | c. | kepribadian bangsa | b. | ideologi
terbuka | d. | pandangan hidup bangsa |
|
|
10.
|
Dengan adanya musibah gempa di sejumlah daerah
di tanah air, Andika sebagai ketua OSIS SMP “Kusumo“ mengumpulkan dana, pakaian layak
pakai, dan makanan kering yang akan disumbangkan kepada masyarakat yang mengalami musibah.
Kegiatan Andika tersebut merupakan perilaku yang sesuai dengan nilai Pancasila
yaitu ....
a. | menghargai hak-hak orang lain | c. | mewujudkan keadilan masyarakat | b. | saling mencintai sesama manusia | d. | gemar melakukan
kegiatan kemanusiaan |
|
|
11.
|
Setiap lima tahun sekali dilaksanakan pemilihan
umum, baik untuk memilih Presiden/Wakil Presiden, DPR, DPD dan DPRD.
Partisipasi warga negara
terhadap persitiwa tersebut yang mencerminkan komitmen terhadap keutuhan nasional dapat ditunjukkan
dengan cara ....
a. | menjadi juru kampanye bagi salah satu pasangan
calon | c. | mempercayakan pilihannya kepada wakil-wakil
rakyat | b. | menghadiri setiap kegiatan kampanye salah satu
calon | d. | menggunakan hak pilih dalam pemilu sesuai hati
nurani |
|
|
12.
|
Lembaga negara yang kewenangannya adalah
mengusulkan pengangkatan hakim agung, menjaga dan menegakkan kehormatan, keluhuran martabat, serta
perilaku hakim, adalah....
a. | Mahkamah Agung | c. | Mahkamah Konstitusi | b. | Komisi
Yudisial | d. | Mahkamah Militer |
|
|
13.
|
Perhatikan pernyataan
berikut!
(1) Memberikan pertimbangan kepada Presiden
mengenai grasi dan rehabilitasi; (2)
Menguji undang-undang terhadap UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945;
(3) Memutus sengketa kewenangan lembaga negara yang kewenangannya
diberikan oleh UUD; (4) Memutus pembubaran partai politik;
(5) Memutus perselisihan hasil pemilihan umum.
Yang
termasuk tugas dan wewenang Mahkamah Konstitusi (MK) sesuai (Pasal 24C ayat 1) UUD Negara
Republik Indonesia Tahun 1945, ditunjukkan pada nomor ....
a. | (1), (2), (3) dan (4) | c. | (1), (3), (4) dan (5) | b. | (1), (2), (4) dan
(5) | d. | (2), (3), (4) dan (5) |
|
|
14.
|
“Bahwa sesunggungnya kemerdekaan ialah
hak segala bangsa dan oleh sebab itu maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak
sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan”.
Salah satu alinea dalam
kalimat pembukaan UUD NRI Tahun 1945 tersebut mengandung makna bahwa…
a. | segala bentuk penindasan terhadap manusia tidak
dibenarkan | b. | bangsa Indonesia
membenci belanda dan jepang yang telah menjajah | c. | kemerdekaan
merupakan cikal bakal untuk menjadi negara yang sejahtera | d. | semua bangsa mengedepankan perdamaian dalam hubungan
internasional |
|
|
15.
|
Perhatikan beberapa pernyataan berikut!
(1) Pendidikan Kewarganegaraan (2) Pelatihan Dasar Kemiliteran (3) Pengabdian sebagai Prajurit TNI (4) Pengabdian sesuai dengan Profesi (5) Ikut memelihara perdamaian
dunia
Bentuk-bentuk bela
negara menurut UU Nomor 3 Tahun 2002 Pasal 9 ayat (2) seperti ditunjukkan pada nomor
....
a. | (1), (2), (3), dan (4) | c. | (1), (3), (4), dan (5) | b. | (1), (2), (3), dan
(5) | d. | (2), (3), (4), dan (5) |
|
|
16.
|
Pada tanggal 28 Oktober 1928, peserta Kongres
Pemuda mengucapkan ikrar yang dikenal sebagai “Sumpah Pemuda”. Isi teks Sumpah Pemuda
menyimpulkan bahwa ....
a. | peserta kongres pemuda memiliki tekad yang kuat untuk
mengusir penjajah | c. | golongan muda memiliki niat lebih kuat
untuk memerdekakan Indonesia | b. | putra dan putri
Indonesia memiliki keberanian dalam melawan penjajah | d. | para pemuda
Indonesia mengakui sebagai bagian dari bangsa Indonesia |
|
|
17.
|
Salah seorang dokter lulusan STOVIA (Sekolah
Kedokteran Jawa), yaitu dokter Wahidin Sudirohusodo yang menyadari betapa terbelakang dan
tertindasnya rakyat akibat penjajahan. Dokter Wahidin Sudirohusodo menggagas tentang pentingnya
mendirikan organisasi yang bertujuan memajukan Pendidikan dan meninggikan martabat bangsa. Gagasan
ini disambut baik oleh para pelajar STOVIA, dan pada tanggal 20 Mei 1908 lahirlah Budi
Utomo.
Keadaan ini perlu diterapkan kembali untuk membangun motivasi dan karakter
harapan bangsa saat ini melalui kegiatan.…
a. | melaksanakan kegiatan dan lomba yang melibatkan pemuda
di seluruh wilayah RI secara rutin | c. | bergaul dengan siapapun dan berusaha menghilangkan perbedaan dan karkteristik
kedaerahan | b. | mengingatkan lagi
kepada generasi muda bahwa mereka adalah tunas dan harapan bangsa | d. | menjaga sikap
persatuan dengan meningkatkan nilai kejujuran, loyalitas dan tanggung
jawab |
|
|
18.
|
Perjuangan untuk mewujudkan kemerdekaan telah
dilakukan oleh para Pemuda Angkatan Tahun 1928 dengan terwujudnya ikrar ....
a. | Proklamasi Kemerdekaan | c. | Sumpah Pemuda | b. | Kongres Pemuda
I | d. | Budi Utomo |
|
|
19.
|
Kebhinnekaan yang ada pada bangsa Indonesia,
disatu sisi adalah sebuah potensi dan modal dasar bagi pembangunan, namun disi lain juga dapat
menjadi ancaman bagi keutuhan bangsa Indonesia.
Keragaman pada bangsa ini,
seperti keragaman suku, tradisi, seni, alat musik, tarian, makanan, agama dan lagu daerah membawa
dampak positif bagi bangsa Indonesia, yaitu….
a. | memperlihatkan kepada dunia luar bahwa Indonesia
memiliki kekayaan budaya | c. | keragaman ini merupakan unsur yang
dapat membangun rasa nasionalisme dan patriotism | b. | masyarakat Indonesia lebih mudah mewujudkan tujuan
nasionalnya | d. | Indonesia menjadi bangsa yang disegani dan dihargai karena keragaman dan
kebhinnekaannya |
|
|
20.
|
Dr. Wahidin Soedirohusodo menggagas organisasi
yang bertujuan memajukan pendidikan dan meninggikan martabat bangsa. Gagasan tersebut melahirkan
organisasi ”Budi Utomo”. Organisasi pertama pada zaman pergerakan
nasional.
Kegiatan yang perlu diteladani dari peristiwa tersebut dan dapat diterapkan
untuk membangkitkan semangat generasi muda saat ini adalah ....
a. | meyakinkan kepada generasi muda bahwa mereka adalah
penerus dan pejuang bangsa | c. | berinterkasi dengan siapapun dengan
menghilangkan perbedaan dan karkteristik kedaerahan | b. | menjaga sikap persatuan dengan meningkatkan nilai-nilai kejujuran, loyalitas
dan tanggung jawab | d. | menyelenggarakan kegiatan terkait dengan kepemudaan di
seluruh wilayah Indonesia secara rutin |
|
Jadilah Komentator Pertama untuk "Latihan Soal PKn Kelas 9 Online"
Post a Comment