Beriklan di Blog Ini? .
MURAH DAN MUDAH.
Info Lebih Lanjut [ KONTAK KAMI]

Biografi Dattaraya Ramchandra Kaprekar

dr kaprekar
Beliau adalah seorah ahli matematika yang berasal dari India. Salah satu hasil karya beliau yang dikenal adalah konstanta dan bilangan Kaprekar. Walaupun tidak menempuh pendidikan formal tinggi (Pasca Sarjana) namun hanya sebagai seoran guru matematika, namun beliau banyak memberikan kontribusi yang besar, khususnya pada perkembangan teori bilangan.

Di lahirkan pada tanggal 17 Januari 1905, kemudian menempuh pendidikan di sebuah sekolah menengah Theane. Pendidikan Sarjana beliau tempuh di Fergusson College, Pune.

Tepatnya diusia 25 tahun, beliau sempat memenangkan Wrangler RPParajpe Matematika, karena memberika sebuah karya yang cukup baik saat itu. Akhirnya di taun 1929, beliau meraih gelar sarjana dari Universitas Mumbai. Berikutnya beliau menjadi guru di Nashik,Maharashtra India.

Waluapun tanpa pendidikan Pasca Sarjana, namun beliau sangat aktif menulis. Salah satunya tentang Desimal berulang, kotak ajaib dan bilangan Bulat dengan sifat Khusus.

Telah disebutkan beliau banyak mendalami dan menulis tentang sifat bilangan. Memang awalnya karya karya beliau tentang ‘Permainan’ angka tidak begitu menarik perhatian. Namun seorang Amerika, Martin Gardner yang menulis ulang ide-ide Kaprekar, semenjak inilah nama beliau begitu diperhitungkan dan karya beliau menjadi pusat perhatian. Selanjutnya: Konstanta Kaprekar.


Jadilah Komentator Pertama untuk "Biografi Dattaraya Ramchandra Kaprekar"

Post a Comment