Beriklan di Blog Ini? .
MURAH DAN MUDAH.
Info Lebih Lanjut [ KONTAK KAMI]

Apa itu Sudut Koterminal?

Sesama telah kita ketahui bahwasanya sebuah lingkaran memiliki sudut 360o. Pada konsep dasar terbentuknya sudut dinyatakan bahwasanya sudut adalah hasil putaran suatu sisi (dinamakan initial-side) sehingga terbentuk sisi akhir (terminal-side). Ilustrasinya bisa anda lihat pada gambar di bawah ini,
Bagian yang diarsir tersebut yang dinamakan dengan sudut. Pada gambar di atas terdapat 2 sudut.

  1. Bagian berwarna merah, rotasi atau putaran sisi berlawanan arah dengan jarum jam. Oleh sebab itu besaran sudut ini ditandai atau diberi nilai positif.
  2. Bagian berwarna biru, sisi akhir II. Arah rotasi searah jarum jam, dengan demikian nilai sudut ini ditandai atau diberi nilai negatif.


Sebuah sudut biasanya diberi nama dengan beberapa cara.

  1. Menyebutkan titik Sudut pembentuk sudut tersebut. Bisa jadi dirangkai dalam triple Abjad.
  2. Memberi simbol, simbol yang diberikan biasa berupa abjad Yunani: α, 𝛽, θ. ɣ dan lainnya 
  3. Biasanya juga diberi simbol " ∠" untuk menganti kata "sudut"

Sudut Koterminal (Coterminal-Angle)

Pengertian sudut koterminal adalah sudut lain dari sebuah sudut sehingga menjadi satu putaran penuh, yaitu 360o . Sederhananya bisa dicontohkan sebagai berikut,

Jika  ∠A=60o maka sudut Koterminal nya adalah 300o . Karena dengan sudut tersebut akan lengkap menjadi 360o . Secara mudah bisa dirumuskan:
Sudut Koterminal =360o -   ∠yang diketahui



1 Response to "Apa itu Sudut Koterminal?"

  1. I hear about this angle for the first time. I wonder why haven't I learned it at school. I even had the extra Mathematic lessons. I will definitely figure out about it.

    ReplyDelete