Beriklan di Blog Ini? .
MURAH DAN MUDAH.
Info Lebih Lanjut [ KONTAK KAMI]

Kalkulator untuk Menghitung Kombinasi

Pengertian kombinasi adalah pengambilan r unsur dari n buah unsur yang tersedia. Dalam kombinasi tidak melihat jenis objek tersusun atau tidak. Yang paling penting, permasalahannya adalah ambil. Dalam soal soal kombinasi, ciri khas pertanyaannya adalah berapa banyak cara pengambilan. Bedakan dengan permutasi yang memiliki kata kunci pertanyaan : berapa banyak cara menyusun atau berapa banyak susunan.

Kombinasi biasanya dinotasikan dengan huruf C. Sehingga andaikan mengambil r objek dari n objek bisa dinotasikan menjadi nCr. Dalam beberapa buku lain bisa dinotasikan C (n,r) atau C n diatas c dan r di bawah c). Untuk sekarang agar sama kita ambil notasi nCr. Secara matematis kombinasi dapat diselesaikan dengan rumus kombinasi :
rumus kombinasi
Keterangan rumus : n adalah banyak-nya unsur yang tersedia. r adalah banyaknya unsur yang ingin di ambil. Lebih lengkap mengenai Penjelasan Kombinasi bisa di baca pada post :Contoh Soal dan Penyelesaian Kombinasi.

Contoh Soal Kombinasi

Untuk sekedar meningatkan, coba perhatikan contoh soal kombinasi ini. Dalam sebuah kantong terdapat 5 bola. Berapa banyak cara jika dilakukan pengambilan 3 bola sekaligus. Untuk menyelesaiakan soal tersebut kita akan identifikasi.

Unsur yang tersedia (n) = 5. Unsur yang akan diambil (r) = 3.Jadi bisa dinotasikan menjadi 5C3. Jika diselesaikan dengan rumus kombinasi di atas maka bisa diselesaiakan menjadi 5C3 = 5! / (3! (5-3)! = 5!/ (3!.2!) = 5x4x3x2x1 / (3x2x1x2x1) = 10. Untuk angka kecil mungkin lebih mudah tapi bagaimana jika angkanya besar? Solusinya dengan mengunakan kalkulator untuk menghitung kombinasi di bawah ini.

Kalkulator Menghitung Kombinasi


Masukkan Nilai n dan r pada kotak di bawah ini. Selanjutnya tekan Hitung.
C

       
credit : marthayunanda




Itulah kalkulator yang mudah mudahan bisa membantu dalam penyelesaian soal matematika tentang kombinasi. Untuk Kalkulator Soal mengenai permutasi, bisa dilihat di post tentang : Kalkulator untuk Menghitung Permutasi.