Beriklan di Blog Ini? .
MURAH DAN MUDAH.
Info Lebih Lanjut [ KONTAK KAMI]

Game Matematika : Sulap Menebak Tanggal Lahir

Untuk sejenak bersantai, berikut kita akan berikan sebuah game matematika. Game matematika ini seperti sebuah sulap menebak angka. Agar lebih mudah dan terkesan lebih hebat, kita akan menebak tanggal dan bulan lahir seseorang. Berikut game beserta triknya. Kamu bisa coba juga unjuk kemampuanmu nanti ke teman temanmu.

Demo Game Matematika

Untuk pertama kita akan lakukan demo terlebih dahulu agar bisa tahu bagaimana cara melakukan permainan ini. Persiapkan kertas kecil untuk 'calon korban'. Biar dia bisa menghitung, sekalian mengasah kemampuan berhitung. Sekarang anda misalnya korban tebakan saya. Bagian yang didalam kurung anggap saya tidak tahu.

Tulis dikertas tersebut tanggal dan bulan lahir. (anggap anda lahir tanggal 8 Maret ditulis 83). Lalu, ambil bulan lahir tersebut, kalikan dengan 2 dan tambahkan hasilnya dengan 5. (3x2=6 , 6+5 = 11).

Kalikan dengan 5 hasil yang baru saja diperoleh, (11x5 =55). Lalu tambahkan 0 dihasil tersebut (550). Berikutnya akan melibatkan tanggal lahir anda.

Hasil yang tadi, ditambahkan dengan tanggal lahir anda. (8+550 =558). Kemudian hasilnya kurangkan dengan 350 (558-350= 208). Lalu anda sebutkan angka yang anda peroleh. Anda sebutkan pada saya 208. Saya bisa menebak tanggal lahir anda dari 2 digit angka di belakang (08). Sementara bulan lahir Anda adalah dari satu digit (jika dapat hasil akhir 3 digit angka) atau 2 digit (untuk hasil akhir 4 digit angka) +1. Disana ada angka 2, saya tambahkan 1 jadinya 3. 3 Inilah bulan lahirnya. Terus bagaimana rahasia sulap tebakan tanggal lahir ini? Ini rahasianya.

Cara Menebak Tanggal Lahir

Untuk menebak tanggal dan bulan lahir tersebut jika anda bisa, anda bisa lihat dari proses di atas. Bagaimana mendapatkan hasil akhir. Sebenarnya jika bisa berhitung dengan cepat proses bisa dibalikkan dari awal hingga akhir. Tapi tentu itu akan sangat merepotkan dan rawan akan kesalahan menghitung oleh penebak yang tidak berbekal kalkulator.

Hal yang harus di ingat dari rahasi 'sulap' ini adalah proses dari awal. Rincian instruksi yang harus disebutkan pada orang tersebut adalah ,
  1. Bulan x 2 + 5 x 5
  2. Sisipkan nol pada digit akhir
  3. kurangi 350
  4. Sebutkan hasil akhir.
permainan matematika

Dari hasil akhir yang diperoleh, Anda cukup memperhatikan digit angka tersebut. Dua digit angka akhir merupakan tanggal lahir. Sementara untuk bulan lahir ada di sisa digit angka paling depan yang haris anda tambahkan 1. Misal permainan tadi, hasil akhir 208. 2 digit belakang 08 adalah tanggal lahir. Sementara 2 , anda tambahkan 1 = 3 adalah bulan lahir. Sekarang bagaimana? Siap untk praktek?